Pages

Cerita asi

Sekedar sharing tentang pengalaman per-asi-an, waktu dastan lahir dia ga sempat imd (inisiasi menyusui dini) karena beberapa menit setelah dia lahir saya sempat tidak sadarkan diri. Padahal saya sc hanya bius lokal, saya baru sadar satu setengah jam setelah dastan lahir. Saya hanya liat dia beberapa menit.

Dan setelah beberapa jam dipindah ke kamar, kondisi saya belum fit sehingga saat dastan dibawa ke kamar saya belum bisa gendong apalagi menyusui. Baru keesokan harinya saya belajar duduk, gendong dan nyusuin dastan. Tapi asi saya belum keluar, pak dokter tetap memberi saya obat perangsang asi. Akhirnya asi saya keluar di hari ke empat, tapi dastan ga mau. Sedih rasanya, tapi demi asi suami saya sampe mencari pompa asi dan nipple tambahan.

Saya sampai baby blues karena masalah per-asi-an ini, sampai berminggu-minggu dastan minum asi pompa dan tambahan sufor. Padahal busui (ibu menyusui) ga boleh punya mood yg jelek, karena akan mempengaruhi produksi asi.

Sampai beberapa minggu akhirnya saya mulai menikmati memompa (saya pake pompa manual makanya tidak terlalu rajin mompa), di minggu ke 4 akhirnya dastan mau minum asi langsung dari saya. Tapi hanya 3 hari saja, karena kemudian dastan khitan (kebiasaan di daerah saya untuk khitan bayi). Saat itu saya akhirnya merasakan yang namanya ngerangsemi, wuih panas adem dan rasanya sakit (apalagi saat itu pompa asi ketinggalan di rumah ortu).

Sejak itu produksi asi menurun sekali, kalo pun mompa ga sampai 10ml. Tapi saya tetap berusaha mompa dan kasih ke dastan. Kasian apalagi dastan sepertinya alergi susu, tiap minum sufor mukanya merah-merah. Saran DSA disuruh coba susu HA, tapi dastan ga mau mungkin karena susu HA rasanya plain. Akhirnya saya coba susu soya tetap merah-merah, saya coba ganti sabun dan bedaknya eh merah-merahnya hilang. Sekarang balik ke sufor sapi.

Saya pun mulai minum perangsang asi lagi dan berdoa agar dastan mau nenen langsung dari saya (kasian juga kalo minum sufor terus). Eh baru seminggu ini saat dastan mau 2 bulan, akhirnya dia mau nenen langsung dari saya.

Walaupun lecet-lecet sampai berdarah, saya bahagiaaaaa. Akhirnya perjuangan saya selama berminggu-minggu berhasil. Sampai sekarang saya masih memakai sufor, tapi lumayan porsi sufor mulai berkurang. Jadi buat ibu-ibu baru jangan patah semangat, percaya selalu ada keajaiban dengan kerja keras. Dan sebaik-baiknya yang bisa diberikan oleh seorang ibu adalah asi :)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 komentar:

  1. nice...selamat menikmati asi yang super enak dan bergizi dari mama ya dik dastan :)

    BalasHapus