Pages

Saatnya belajar memasak ☺

Kurang dari sebulan lagi jadi istri abun, walaupun nantinya si abun jarang pulang tetap harus mulai belajar memasak (hahahaha demi membahagiakan suami). Saya sering liat mama masak sayur-sayuran dari sop,asem, lodeh, dll. Saya sering pula membantu untuk meng-ulek bumbunya, jadi paling tidak saya sedikit mengerti. Tapi karena abun bukan orang jawa, jadi selera makannya beda dengan saya *tantangan*. Kalo saya suka dengan sesuatu yang berbau lalapan, sambal, ayam dan daging. Abun suka sekali ikan dan favoritnya ikan sagela, tiap cuti selalu request ke mbak nanik *asisten rumah tangga di rumah abun* untuk masak sagela.
Asli sagela itu enak, bikin nafsu makan. Saya yang orang jawa aja suka. Sagela kalo kata abun itu ikan terbang (mungkin seperti ikan indosiar-saya juga kurang jelas) yang ditumbuk kering. Mbak nanik top deh kalo masak....☺, pedasnya pas. Ah saya juga harus bisa, biat makin dikangenin hahahaha. Googling akhirnya nemu resep sagela:


Bahan Dasar :
-  Cabe rawit (disesuaikan menurut selera....NB : Bagi yang pengen pedes ampe keringetan dianjurkan menggunakan rawit dari daerah Gorontalo)
-  Tomat (disesuaikan)
-  Kepala ikan roa yang sudah digoreng atau sagela kering yang ditumbuk hingga halus(lebih mudah pakai sagela kering)
-  Bawang merah di iris halus (disesuaikan)
-  Garam (disesuaikan)

Cara memasak :
  1. Cabe rawit diulek bersama garam. Setelah halus masukkan kepala ikan roa yang sudah digoreng dan haluskan. Masukkan tomat yang sudah diiris, ulek sampai rata. Sisihkan.
  2. Campurkan bawang merah yang sudah diiris halus, aduk sampai rata.
  3. Masukkan sedikit minyak jelanta yang masih panas.
  4. Dabu-dabu sagela siap disantap (dengan nasi putih hangat saja sudah nikmat sekali)

sumber resep klik disini

Mari kita praktekan saat abun cuti besok ☺
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar